JOIN NOW

Tuesday, May 27, 2008

Battery Mobil

Battery merupakan komponen dalam kendaraan yang sangat penting tetutama untuk kendaraan yang memakai bahan bakar minyak jenis " BENSIN " . Battery menjadi komponen yang sangat penting dikarenakan untuk menghidupkan mobil , motor penggerak start membutuhkan suplai arus dari battery . Lebih penting lagi apabila kendaraan mobil kita mengunakan Trasmisi Otomatis dikarenakan mobil tidak dapat dihidupkan dengan cara lain kecuali dengan Elektrik Stater. Disinilah peran utama Battery pada mobil.



Merawat battery pada kendaraan pada dasarnya cukup mudah yaitu dengan cara :


  1. Menjaga Level air accu pada garis dibawah UPPER dan diatas garis LOWER
  2. Tambahkan bila berada pada level dibawah LOWER
  3. Periksa berat jenis air accu bila diperlukan ( lakukan di bengkel langgana anda )
  4. Jaga kebersihan terminal battery .





PERSIAPAN PERGANTIAN BATTERY


Setelah kita menerima battery berikut dengan air accu ( H2SO4 ) maka hal pertama adalah memeriksa apakah battery masih tersegel dengan baik . Bila OK maka kita dapat lanjutkan proses pergantian battery pada kendaraan . Buka penutup sel battery yang terbuat dari lapisan alumunium lalu isikan air accu hingga mencapai batas ' UPPER ' apabila level turun tambahkan hingga mencapai level UPPER. Setelah selesai seluruhnya tutup setiap sel tersebut dengan tutup yang telah disediakan . Berhati -hatilah ketika mengisi cairan air accu tersebut bila terkena kulit basuh bagian tersebut dengan menggunakan air bersih.

HAL PENTING YANG HARUS DIHINDARI SAAT MERAWAT BATTERY

  1. Tidak boleh test battery saat sedang charge
  2. Hati -hati jangan menghubungkan beban secara langsungkarena dapat menimbulkan percikan api ,yang dapat menyebabkan battery meledak
  3. Jangan sampai menyumbat lubang vent plug
  4. Jaga battery dari percikan api

No comments:

Post a Comment

anda boleh komen sesuka hati